[REVIEW] Album Jepang ke-3 Girls’ Generation: LOVE&PEACE (bagian-1)

Peringatan! Tulisan ini berisi kurang lebih omong-kosong serta berbagai curhat colongan serta tulisan yang tidak mematuhi kaidah EYD dan sangat asal-asalan. Harap meninggalkan laman ini sebelum menyesal. Terima kasih~!

Pertama, Girls & Peace sebagai nama album dan judul lagu… OK.

Kedua, Love & Girls sebagai judul single album… Err…. OK.

Ketiga—semoga yang terakhir, Love & Peace sebagai nama album… Err….

Errr…..

ERRRRR…..

SM ENTERTAINMENT CAN’T YOU THINK OF ANY BETTER NAME, EH?!?!

Tapi… Ya sudahlah. Namanya juga SMEnt. Bukan SMEnt namanya kalau tidak “unik”.

Lagipula albumnya juga rilis pada 11 Desember 2013 silam atau tepat empat hari setelah Petang Kreatif selesai yang berarti aku bisa mendengarkan album Jepang ke-3 ini dengan lebih khidmat. Yayness~!

Intinya, di sini aku akan membuat tanggapan terhadap lagu-lagu yang terdapat pada album Jepang ke-3 SNSD alias So Nyeo Shi Dae alias Girls’ Generation alias Xiao Nu Xhi Dai alias Shoujo Jidai alias Generasi Perempuan alias whatevs.

Sebelumnya, aku ingin memberitahu beberapa hal tentang album ini.

loplope

Bisa dikatakan bahwa album ini merupakan album ter-terserah yang pernah SMEnt rilis karena di album ini terdapat lima lagu yang telah dirilis sebelumnya, lagu-lagu itu adalah; “Galaxy Supernova”, “Love & Girls”, “Do The Catwalk”, “Linguafranc”, dan “Beep Beep“. Biarpun begitu, it’s more than OK for me karena aku suka lima lagu tersebut, terutama Galaxy Supernova—walaupun punya nada-nada dangdut koplo (terus?) serta video musiknya hanya mempunyai set dengan neon-neon norak yang ceritanya menggambarkan galaksi, tetapi tetap menarik hati dari seorang Novia. Bahkan saat tulisan ini ditulis, lagu ini berhasil menempati urutan pertama chart iTunes di laptop eyke saat tulisan ini rampung! “Perfect! Girls in! In the galaxy, galaxy, oh~!”.

Kembali ke bahasan Love & Peace, di luar lima lagu tersebut, album ini mempunyai tujuh lagu baru dong pastinya. Lagu-lagu tersebut adalah “Gossip Girls”, “Motorcycle”, “Flyers”, “My Oh My”, “Lips”, “Karma Butterfly”, dan “Everyday Love”.

.

.

HAH?!

GOSSIP GIRLS?! SEKALIAN SAJA MODERN FAMILY, ATAU HIMYM, ATAU THE SOPRANOS, ATAU CEDAR RAPIDS.

MOTORCYCLE?! SEKALIAN SAJA BAJAJ.

FLYERS?! SEKALIAN SAJA BROCHURES.

LIPS?! SEKALIAN SAJA TONGUE. (eyyy)

KARMA BUTTERFLY?! SERIOUSLY SM?! (spesies kupu-kupu dari mana itu?)

EVERYDAY LOVE?! SEKALIAN SAJA EVERYDAY (making) LOVE. (eyyy. Mulai bahaya saudara-saudara. Maafkeun)

.

.

Hvft.

.

.

Oh ya, respon yang terbersit saat tahu akan judul lagu-lagu yang lain!

GALAXY SUPERNOVA?! HAPE BARU S*MSUNG YA?

LOVE & GIRLS?! YELAH SM NO IDEA BANGET SIK HABIS GIRLS & PEACE LANGSUNG LOVE & GIRLS.

DO THE CATWALK?! Yah… Aneh sih, tetapi jika dibandingkan dengan yang lain cukup mending lah. Situ mau ngemodel, ye?

LINGUAFRANC (LINGUA FRANCA)?! Mayan lah, lingua franca = Cinta. (eyyy)

BEEP BEEP?! Karena lagunya catchy jadi dimaafkeun.

Cukup sudah, mari kita bedah satu-persatu lagu yang ada pada album ini dengan saya berperan sebagai pendengar dan penggemar SNSD yang tidak punya telinga kritis alias dengar-dengar saja yang penting asyik alias tulisan di bawah ini akan sangat hancur namun (akan diusahakan) tidak subjektif.

Oh ya, satu lagi, akhirnya tidak ada lagu terjemahan Korea pada album ini!

1. Gossip Girls

Saat pertama kali tahu ada satu lagu berjudul ini… Hadeuh. Sudahlah, aku lelah jika harus membahasnya. Siapa tahu lagunya enak, seperti kebiasaan SMEnt yang sudah-sudah, “Judul boleh aneh seaneh-anehnya, tapi lagu tetap harus gembira (DAN LAKU DI PASARAN).”

Gossip Girls dibuka oleh Hyoyeon dengan “Gossip~ Gossip~~” walau terdengar menjadi “Kasim~ Kasim~~~”—yang dikarenakan kemampuan Engrish-nya yang cukup unik alias belum lihai, lalu diselingi tawa-tawa melambangkan gadis-gadis yang sedang bergosip ria dan akhirnya musik dimulai. Intro yang cukup menarik dan catchy untuk membawa lagu ini asyik didengarkan sampai habis.

Lagu bertempo cepat ini memang mempunyai melodi yang seru dan menyenangkan, namun bukan berarti lagu ini mempunyai kualitas yang sangat baik. Lagu ini lagu tipikal SNSD rilisan Jepang seperti biasanya yaitu dominan kata-kata English gak mutu, arti lirik lagu yang kekanak-kanakan namun menyenangkan, dan kali ini ditambah istilah-istilah musik seperti arpeggio, pianissimo, dan fortissimo (istilah-istilah tersebut mengingatkan adik-adikku dengan ujian teori piano yang sangat mereka takuti) yang walaupun kurang wajar keberadaannya, tapi memang mendukung lirik lagu ini.

Selain itu, tidak ada yang spesial dari kualitas vokal mereka selain vokal yang catchy untuk mendukung lagu ini. Pun begitu, aransemen lagu ini punya ketukan yang solid, powerful serta mengalir dengan lincah dan berhasil membawa lagu ini secara keseluruhan bermain dengan menyenangkan serta membuat pendengarnya happy and yes I’m a happy one!

2. Motorcycle

YE ELAH. Sekalian aje Carbon Cycle. Oh ya, belum diceritakan yah, jadi Gossip Girls, Motorcycle, dan Flyers ceritanyah sudah di-leak ke yutub yang berarti aku bisa dengar secara full karena udah gak sabar bok penantian panjang (halah). Saat menekan tombol play dari lagu ini… BRMMM BRMMMMM. SUARA MOTOR YANG SESUNGGUHNYA! Dasar SMEnt denotatif sekaliy.

Bagaimana ya, bahkan di tengah-tengahnya ada bunyi-bunyi sirene polisi. Ini lagu bercerita tentang SNSD yang menjadi geng motor lalu jadi buronan polisi kah? Atau apa? Sudahlah, yang penting lagu ini cocok sebagai track ke-2 pada album ini alias merupakan sajian (yang bahkan lebih) menyenangkan lainnya setelah Gossip Girls.

Dengan melodi yang tuneful dan menyenangkan, pendengar lagu ini akan terhibur dan ingin bergoyang—secara lagu ini cukup pas untuk di-remix di kelab malam. Ditambah lagi pembagian vokal masing-masing member yang atraktif dan powerful walau kualitasnya biasa saja. Namun lagi-lagi, Motorcycle ini merupakan tipikal lagu SNSD yang ciri-cirinya sudah dijelaskan sebelumnya; kata-kata English gak mutu yang dominan (walaupun pada lagu ini penggunaannya cukup nendang dan pas) serta arti lirik lagu yang kekanak-kanakan namun menyenangkan.

Intinya, it’s another good and fun song that will make you happy whenever you listen to it.

3. Flyers

LAGU J-POP OMG LAGU J-POP BENERAN AKHIRNYA. Ya, Gossip Girls dan Motorcycle terdengar sangat American-ish—yang bukan merupakan suatu masalah bagiku coz I enjoy listening to them—dan tiba-tiba pada track ke-3 langsung dihadirkan musik band ala-ala J-Pop dan sedikit mengingatkan pada Way To Go.

Ya, lagu ini memang yang paling J-POP di antara semua lagu di Love & Peace dan lagu ini merupakan personal favorit banyak SONE langit yang aku tahu di twitter selain Everyday Love.

Flyers memiliki aransemen musikal yang baik dan powerful walaupun melodi yang dihasilkan sangat biasa, tipikal soundtrack anime. Untungnya kali ini, kualitas vokal sangat membantu kehadiran lagu ini dengan atraktif, menyenangkan, ditambah beberapa nada-nada cutesy.

Lagu ini bisa dianggap sebagai salah satu produksi yang unik, mengingat SMEnt sangat jarang merilis lagu musik band bagi SNSD secara produksi Jepang didominasi oleh aliran electropop dan dubstep. Walaupun secara keseluruhan lagunya tergolong biasa, tetapi produksi Flyers patut diacungi jempol karena akhirnya SMEnt berani merilis kembali lagu dengan musik band.

4. Galaxy Supernova

LOPE-LOPE BERAT SAMA LAGU INI. Lupakan sejenak hinaan-hinaan yang aku berikan pada lagu ini di beberapa paragraf sebelumnya. Intro dan beat yang menggoda, bunyi musik keyboard dangdut koplo yang menonjol tapi tidak mengganggu sama sekali—justru yang membuat lagu ini lovely, lirik English nyampah namun memorable macam “Oh my boy~ Nani ka ga” “Supernova” “Number 1″ “Shooting stars!” “Baseline~line” “Curious! Girls in! In the galaxy, galaxy oh!”, dan tetiba ada spotlight langsung antara Sooyoung dan Jessica dengan punchline “Oh boy~ Do you believe the situation?” “YEAH~” “You better keep this a secret. (laughs)” yang bikin hati fangirl eyke meleleh terutama apalagi karena eyke suka baca fanfic SooSic (BUKA KARTU) dan aarrggghhhh mon coeur~ “Tu tu tu ru tu~”

Forgive my fangirl side.

Ya, lagu ini punya setiap elemen yang membuat lagu ini sangat menyenangkan. Sangat.

Melodi yang menarik, memorable, dan cukup kuat dalam ingatan. Ditambah kualitas vokal yang powerful, ekspresif, serta ciamik dan instrumental keyboard dangdut koplo yang membuat lagu ini catchy dan solid secara keseluruhan.

Sayang video musik lagu ini tergolong biasa karena hanya (lagi-lagi) di kotak berlatarkan neon-neon, planet, dan bintang-bintang (karena lirik dan judul lagunya sendiri menganalogikan galaksi, komet, dsb dengan mereka menggunakan outfit bertemakan baju luar angkasa). Wajar sih, karena lagu ini juga merupakan bentuk promosi dari salah satu merk jeans, jadi video musik dirilis dengan kualitas biasa dan seadanya.

Koreografi pada lagu ini terlihat kompleks dan mengulang beberapa gerakan-gerakan yang ada pada video musik sebelumnya. Pun begitu, koreografi pada lagu ini sangat powerful serta cukup sexy (sering memperlihatkan goyang pinggul mengingat ini bentuk promosi jeans) dan tentunya punya dance signature yang kamu bisa lihat sendiri di video-nya.

Kesimpulannya, lagu ini merupakan salah satu lagu yang mantap di album ini dan punya kekuatan komersial yang tinggi. Beruntunglah produk jeans itu berhasil melobi para cewek-cewek ini alias SMEnt.

.

.

.

Ternyata lelah juga menulis tanggapan—yang padahal tidak bermutu, sudah lama tidak nge-blog sih.

Tulisan ini akan saya lanjutkan kapan-kapan~ Alias dalam waktu dekat ini.

Terima kasih telah membaca! Sangat aku apresiasi.

Au revoir!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s